Sejarah

Tim Penjaminan Mutu Universitas dibentuk oleh Pembantu Rektor Bidang Akademik pada tanggal 25 Maret 2006. Jumlah anggotanya terdiri atas 22 orang, yang masing-masing merupakan anggota tim penjaminan mutu dari masing-masing program studi di UNIKOM. Tim Penjaminan Mutu Universitas dipimpin oleh Pembantu Rektor Bidang Akademik.

Untuk melakukan terobosan dalam rangka peningkatan mutu dalam Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi Internal UNIKOM, Rektor UNIKOM kemudian melakukan pembentukan Direktorat Quality Assurance. Pembentukan direktorat ini dimaksudkan untuk mengkoordinir dan mempercepat target pencapaian mutu yang ditetapkan. Direktorat Quality Assurance ini berada di bawah naungan Direktorat Pengembangan UNIKOM.

Direktorat Penjaminan Mutu/Quality Assurance Universitas Komputer Indonesia (DPM UNIKOM) adalah badan non-struktural yang dibentuk pada tanggal 1 September 2009 berdasarkan Surat Keputusan Rektor No. 741/SK/REKTOR/UNIKOM/IX/2009. DPM UNIKOM merupakan upaya UNIKOM untuk melaksanakan Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 91. Pasal tersebut menyatakan bahwa setiap penyelenggara pendidikan baik formal maupun non-formal wajib melaksanakan penjaminan mutu di lingkungannya.

Keberadaan Direktorat ini tidak meniadakan Tim Penjaminan Mutu Universitas yang telah dibentuk sebelumnya. Justru dibentuknya direktorat ini untuk mensinergikan kerja Tim Penjaminan Mutu Universitas dan untuk memudahkan koordinasi untuk mempercepat target pencapaian mutu.